Sabtu, 17 Januari 2015

10 Tips Berguna untuk Blogger Pemula

10 Tips Tutorial bermanfaat untuk Blogger Pemula

Memulai sebuah blog bisa jadi hal yang sangat luar biasa, tetapi sebenarnya, blogging adalah salah satu cara paling sederhana untuk bergabung dengan komunitas online.
Selain itu, bagi sebagian Blogger, blogging juga salah satu cara untuk mendapatkan uang lewat Internet. Namun tentu semua orang memiliki alasannya masing-masing.

Disini saya akan memberikan 10 Tips Berguna untuk Blogger Pemula. Ikuti tips di bawah untuk memastikan blog Anda dibuat untuk sebuah kesuksesan dan bukan hanya sekedar "tes" saja.

10 Tips and Trick untuk Blogger Pemula:
1. Tentukan Tujuan Anda.
Sebelum Anda memulai sebuah blog baru, sangat penting bagi Anda untuk menentukan tujuan Anda membuat blog. Blog Anda memiliki peluang sukses yang lebih besar jika Anda tahu dari awal apa yang ingin Anda capai. Apakah Anda mencoba untuk menetapkan diri sebagai ahli di bidang Anda? Apakah Anda mencoba mendapatkan uang lewat blog? Apakah Anda hanya blogging untuk bersenang-senang dan untuk berbagi ide dan pendapat? Bertahannya blog dalam jangka pendek atau jangka panjang tergantung pada alasan mengapa Anda memulai blog Anda. Berpikir ke depan untuk apa yang ingin Anda dapatkan dari blog Anda dalam enam bulan, satu tahun, tiga tahun dan seterusnya. Kemudian mendesain, menulis dan memasarkan blog Anda untuk memenuhi tujuan tersebut.
2. Tahu Audiens Anda
Desain dan konten blog Anda harus mencerminkan harapan audiens Anda. Misalnya, jika audiens Anda adalah remaja, desain dan konten harus cukup berbeda dari sebuah blog yang ditargetkan untuk para perusahaan profesional. Audiens Anda akan memiliki harapan yang melekat untuk blog Anda. Jangan membingungkan mereka melainkan memenuhi dan melampaui harapan mereka untuk mendapatkan loyalitas pembaca.
3. Jadilah Konsisten.
Blog Anda adalah sebuah merek. Sama seperti merek populer seperti Google atau Facebook, blog Anda mewakili pesan tertentu dan gambar untuk audiens Anda, yang merupakan merek Anda. Desain dan konten blog Anda harus konsisten mengkomunikasikan brand image blog Anda secara keseluruhan. Menjadi konsisten memungkinkan Anda untuk memenuhi harapan audiens Anda dan menciptakan tempat yang aman dan nyaman bagi mereka untuk mengunjungi blog Anda lagi dan lagi. Konsistensi yang akan dihargai dengan loyalitas pembaca.
4. Jadilah Persistent.
Sebuah blog yang sibuk adalah blog yang berguna. Blog yang tidak diperbarui sering dianggap oleh mereka (pengunjung) sebagai halaman web statis. Kegunaan blog berasal dari ketepatan waktu mereka. Meskipun penting untuk mempublikasikan posting bukan berarti posting yang membuat audiens Anda bosan, sangat penting bagi Anda untuk sering memperbarui konten blog Anda. Cara terbaik untuk menjaga pengunjung datang kembali adalah dengan selalu memiliki sesuatu yang baru (dan bermakna) bagi mereka untuk dilihat.
5. Buatlah Blog yang "Mengundang" Pengunjung.
Salah satu aspek yang paling unik dari blogging adalah dampak sosialnya. Oleh karena itu, penting bagi blog Anda untuk menyambut pengunjung dan mengundang mereka untuk bergabung dengan percakapan dua arah, yaitu tanya jawab. Meminta pembaca untuk meninggalkan komentar dengan mengajukan pertanyaan jauh lebih berguna daripada menanggapi komentar biasa dari pengunjung blog Anda. Jika Anda melakukan hal ini maka Anda akan memberi tahu pengunjung bahwa Anda menghargai mereka, dan menjaga percakapan serta menjawab semua pertanyaan yang ada. Lanjutkan percakapan dengan meninggalkan komentar di blog lain yang akan mengundang pengunjung baru untuk mengunjungi blog untuk diskusi yang lebih hidup. Sebagian keberhasilan blog Anda tergantung pada kesetiaan pengunjung Anda. Pastikan mereka mengerti betapa Anda menghargai mereka dengan melibatkan mereka dan mengenali mereka melalui dua arah percakapan tersebut.
6. Buat Blog Anda Terlihat.
Sebagian besar keberhasilan blog Anda bergantung pada usaha Anda di luar blog. Upaya yang Anda lakukan di luar blog misalnya mengambil hati para blogger dengan berkomentar pada blog mereka, berpartisipasi dalam situs sosial bookmark, dan Anda juga dapat bergabung dengan sosial network terpopuler seperti Facebook dan Twitter, ingatlah bahwa pengguna Twitter Indonesia menduduki peringkat ke satu di dunia. Blogging bukan hanya sebuah demonstrasi atau sekedar tes. Kerja keras mutlak sangat Anda butuhkan mulai dari membuat konten berkualitas di blog Anda serta bekerja di luar blog Anda untuk mempromosikan dan mendatangkan pengunjung baru ke dalam blog Anda.
7. Ambil Resiko.
Blogger pemula sering takut dengan blog tool dan fitur baru yang tersedia bagi mereka. Jangan takut untuk mengambil risiko dan mencoba tool baru untuk blog Anda. Dari menambahkan plug-in baru untuk mengadakan kontes blog pertama Anda, penting bagi Anda untuk membuat blog Anda tetap segar dengan menerapkan perubahan yang akan meningkatkan blog Anda. Atau, jangan menjadi korban setiap bel dan peluit baru (update) yang tersedia untuk blog Anda. Sebaliknya, memeriksa setiap peningkatan potensi dalam hal sebagaimana hal itu akan membantu Anda mencapai tujuan Anda untuk membangun blog dan bagaimana audiens Anda akan menanggapinya.
8. Mintalah Bantuan.
Bahkan blogger yang paling berpengalaman memahami blog pun membutuhkan bantuan, jadi janganlah malu untuk meminta bantuan. Yang paling penting, blogger adalah bagian terpenting dari Internet, dan sebagian besar blogger memahami bahwa setiap orang adalah pemula di beberapa hal. Bahkan, beberapa Blogger bisa sangat berguna untuk saling membantu satu sama lain. Jangan takut atau malu untuk meminta bantuan kepada sesama Blogger. Ingat, keberhasilan blog itu bergantung pada jaringan, dan kebanyakan blogger selalu bersedia untuk memperluas jaringan mereka tanpa memikirkan apakah Anda seorang Blogger pemula atau berpengalaman / pro.
9. Teruslah Belajar.
Sepertinya setiap hari ada alat baru yang tersedia untuk blogger. Internet berubah dengan cepat, dan menambahkan sebuah situs berita harian blog ke daftar favorit bukan merupakan pengecualian untuk hal tersebut. Ketika Anda mengembangkan blog Anda, luangkan waktu untuk bereksperimen dengan tool dan fitur baru, dan ingatlah untuk selalu mengawasi berita terbaru dari situs favorit Anda. Anda tidak pernah tahu kapan alat baru akan menggelar yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah atau meningkatkan pengalaman pengunjung di blog Anda.
10. Jadilah Diri Sendiri.
Ingat, blog Anda adalah perluasan dari diri dan merek Anda, dan pengunjung setia Anda akan terus datang kembali untuk melihat apa yang Anda tuliskan. Suntikkan kepribadian Anda ke blog Anda dan sesuaikan "bahasa" yang konsisten untuk postingan Anda. Tentukan apakah blog dan merek Anda akan lebih efektif dengan bahasa perusahaan, bahasa anak muda atau bahasa Anda sendiri. Kemudian tetap konsisten dengan bahasa dalam semua komunikasi blog Anda. Orang tidak membaca blog hanya untuk mendapatkan berita. Mereka bisa membaca koran untuk laporan berita. Sebaliknya, orang-orang membaca blog untuk melihat pendapat para blogger di berita, dunia, hidup dan banyak lagi. Jangan buat blog Anda seperti blog seorang reporter. Anda harus memiliki percakapan dengan masing-masing pengunjung dalam blog.

Blog yang berasal dari hati Anda ...

Says selaku Admin memiliki hak untuk menghapus komentar yang di anggap sebagai spam ataupun komentar yang berbau pelecehan, insult, flamming dan SARA. Terimakasih atas komentar Anda.

 
Read Me
Mohon maaf buat sahabat pengunjung BKI yang IPnya terblok di Shoutmix. Kesalahan saya mem-ban IP dengan high Level, karena ada yang merasa bisa menembus Shoutmix saya. Mohon maklum adanya.
close